RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SMA
Mata
pelajaran : B. Inggris
Kelas/semester : XI ( 2 IPA 3 ) /
1
Pertemuan : 4
Alokasi
waktu : 1 x 45
A.
Standar kompetensi
Berkomunikasi lisan dan
tertulis menggunakan ragam bahasa yang sesuai, terutama berkenaan dengan dengan
kejadian berlangsung sekarang dalam bentuk present continuous
B.
Kompetensi Dasar
1. Memahami
cara mengungkapkan kalimat
dalam bentuk present continuous.
2. Memahami
perbedaan waktu penggunaan antara present continous dan future Continuous Tense
C.
Indikator
1.
Mengungkapkan
dan menulis kalimat yang benar dalam bentuk present contious.
2.
Menggunakan cara-cara
pengungkapan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa diharapkan
mampu mengekspresikan ungkapan dalam bentuk present
continuous, baik secara lisan maupun tulisan.
2.
Siswa mampu
menerapkannya
dalam percakapan sehari-hari.
E.
Materi Pembelajaran : grammer
Present continuous dan future continous tense
Present continuous and future
continuous
|
Ø Explanning
about present continuous
Ø Explanning
about future continuous
Ø The
different
Ø Word
in continuous
Ø E,g
|
Time expression
|
Now …
Will /shall ,
next, tomorrow etc
|
F.
Metode Pembelajaran
ü Metode
ceramah
ü Praktek
G.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal
§ Memberi salam dan menanyakan
keadaan siswa
§ Mengabsensi siswa
§ Motivasi
: Guru melakukan Tanya jawab tentang meteri yang akan diajarkan
2. Kegiatan inti
1.
Presentation
§ Guru mempresentasikan materi
pembelajaran mengenai present continuous
§ Guru menunjukkan contoh-contoh
kalimat tentang present continuous dan future continuous.
§ Guru
mngajarkan kata-kata yang berakhiran huruf mati dan didahului oleh huruf hidup
,
2.
Praktek
§ Siswa dituntut untuk menulis
kalimat tentang present continuous dan future continuous tense sesuai dengan
apa yang telah diajarkan.
3.
Kegiatan
akhir(penutup)
§ Guru memberikan penguatan kembali tentang materi yang
sudah dibahas
§ Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa
§ Guru menyimpulkan bersama dengan siswa materi yang sudah
dibahas
§ Guru
memberikan 2 idiom untuk di hafal di rumah ( learn by heart )
H.
Sumber Belajar
·
Buku teks yang relevan
·
English Window
on the world
·
Cara cepat dan tepat
menguasai 16 tense
I.
Penilaian
a. Teknik penilaian: writing
b. Alat penilaian: write teks by taking data.
Lhokseumawe, 23 April 2013
Mengetahui Mahasiswa yang bersangkutan
SAMHUDI, S.Pd, M.Pd
ABDUL
RAJAB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar